Sebuah kisah

Indonesia harus fokus kembangkan produk dalam negeri

Hal yang menggaris bawahi mengapa indonesia harus fokus kembangkan produk dalam negeri atau produk lokal yaitu terutama pada dunia digital adalah di dapatkannya data statistik penggunaan internet di seluruh dunia, bahwa belahan benua asia menjadi pengguna internet terbesar di dunia yang salah satunya adalah negera indonesia.

Gambar 1. statistik penggunaan internet di seluruh belahan dunia

Sumber statistik data diagram di atas : https://www.internetworldstats.com/stats.htm

Mari kita bahas permasalahan mendasarnya terlebih dahulu, yaitu bermula dari sebuah laporan yang di terima customer service jasa ISP , laporan itu di sampaikan pelanggannya atau pengguna internet yang mengatakan bahwa internet pada setiap hari libur begitu terasa lambat aksesnya , ketika akan meng-akses situs google,youtube, kaskus ,facebook,twitter dan situs media sosial lainnya mereka merasa kesulitan.

Berdasarkan laporan di atas bahwa ada beberapa penyebab internet lambat yaitu salah satunya tidak tercukupinya bandwidth internet tersebut kepada server atau alamat yang di tuju , dan bandwidth internet itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu bandwidth internet internasional dan bandwidth internet lokal.

Dan fakta lainnya adalah bandwidth internet Internasional masih relatif mahal di bandingkan dengan bandwidth internet lokal.

Dalam kasus di atas bahwa client atau pelanggan internet merasa kesulitan apa bila meng-akses situs google,youtube, kaskus ,facebook,twitter.
Perlu di ketahui bahwa situs yang di sebutkan tersebut adalah merupakan bukan konten lokal melainkan konten luar negeri sehingga lokasi servernya berada di luar negeri juga oleh karena itu ketika waktu peak hour (Jam sibuk), akses internet ke situs internasiaonal pun akan terasa lambat.
Karna ISP jaringan biasanya melakukan share bandwidth untuk traffic international dengan perbandingan tertentu.

Kembali kepada fakta dan data , mari kita melihat perbandingan 10 situs apa saja yang biasa sering di kunjungi oleh pengguna internet yang ada di negara indonesia dengan negera lain , sebagai berikut :

Negara Indonesia :

Gambar 2. 10 situs yang sering di kunjungi negara indonesia

Sumber data di atas bisa di cek pada alamat : https://www.alexa.com/topsites/countries/ID

Negara lain atau Cina contohnya :

Gambar 3. 10 situs yang sering di kunjungi negara cina

Sumber data di atas bisa di cek pada alamat : https://www.alexa.com/topsites/countries/CN

Dari data di atas kita bisa melihat bahwa konten yang biasa sering di kunjungi negera indonesia rata rata adalah konten yang lokasi servernya berada di luar negeri.
kita bisa cek melalui whois domain seperti https://www.indoip.com/whois/google.com .

Berbeda dengan negara lain seperti cina mereka rata rata sudah memiliki konten lokalnya sendiri , konten lokal di sini maksudnya isi dari situs tersebut terutama berasal dari lokal (Cina) dan umumnya berbahasa lokal (Bahasa Cina). Bila Secara teknisnya, Data Center dan Hosting-nya ada di lokal (cina) dan menggunakan jaringan lokal (ISP dari Cina).
Contoh https://www.indoip.com/whois/baidu.com .

Pada pembahasan mengapa indonesia harus fokus kembangkan produk dalam negeri atau konten lokal pada dunia digital , jawabannya karna memang ada banyak ke untungan atau manfaat yang di dapatkan nantinya , berikut bagian kecil manfaat yang di dapat :

  1. Akses informasi menjadi lebih cepat karna berada di lokal/dalam negeri sehingga jarak lokasi server lebih dekat.
  2. Kebutuhan internet dari sisi biaya akan lebih murah sebab tidak perlu lagi menggunakan layanan atau data center yang berada di luar negeri karna bandwidth Internasional yang mahal.
  3. Bila biaya internet sudah murah akan automatis semua lini masyarakat baik yang ada di kota dan desa ujung sana-pun akan bisa merasakannya sehingga akan merata manfaatnya.

Di indonesia sendiri sudah ada beberapa konten lokal yang sudah mulai di kembangkan sejak tahun 2000-an , salah satunya adalah perusahan jasa di bidang digital khusus Hosting dan domain yaitu Perusahaan dengan nama PT.Tujuh Ion Indonesia yang di bangun oleh bapak yanwar purnama (nama pemilik perusahaan konten lokal di indonesia)
Berikut konten lokal yang saat ini sudah tersedia :

Layanan di atas baik isi dari situs tersebut berasal dari lokal (Indonesia) dan umumnya berbahasa lokal (Bahasa Indonesia). Serta Data Center dan Hosting-nya ada di lokal (Indonesia) dan menggunakan jaringan lokal (ISP dari Indonesia).

Adapun manfaat khusus yang di dapatkan oleh pemerintah negera indonesia apabila konten lokal atau konten dalam negeri berkembang yaitu :

  1. Membuka lowongan pekerjaan baru pastinya , karna semakin banyak konten creator bermunculan nantinya dari berbagai kalangan, jurusan atau profesi.
    saya berikan contoh :
    saat ini youtube adalah konten luar negeri yang bagitu menjanjikan , banyak konten creator kita dari indonsia mengupload video di dalamnya sehingga dapat di nikmati oleh banyak orang. Ada begitu banyak orang di indonesia yang kreatif namun sayang sekali youtube bukanlah konten lokal yang di miliki oleh indonesia.
    saat ini youtube menjadi Big Database milik orang lain yang berada di luar negeri namun isinya adalah hasil kreatifitas anak-anak bangsa indonesia.
  2. Menambah pemasukan pajak , perusahaan IT di Indonesia akan membayar pajak dari pendapatannya ke pemerintah Indonesia sendiri.
    Berbeda dengan kondisi saat ini konten luar negeri tidak membayar pajak karna memang mereka tidak berada di indonesia namun mereka mendapatkan keuntungan dari pengguna internet yang berada di indonesia.

Masih ada banyak lagi manfaat lainnya yang mungkin bisa di jabarkan namun di atas adalah beberapa saja yang bisa saya berikan contoh dari manfaat yang di dapatkan oleh pemerintah negera indonesia apabila konten lokal atau konten dalam negeri berkembang .

Pembahasan di atas tidak akan terlaksana apa bila Negara indonesia khususnya pemerintah tidak memulainya , bagaimana cara memulainya ? salah satunya bisa mendukung perusahaan-perusahaan yang sudah berjalan dalam penggunaan konten lokal contoh di atas adalah perusahaan jasa hosting dan domain.

Tujuan dan bagaimana bisa tercapai konten lokal ? bahwa pemerintah atau kita harus mengumpulkan data-data yang ada dari data kecil itu nantinya akan menjadi sebuah Big Data yang nantinya akan bisa di nikmati oleh banyak orang , terjangkau dari harga dan kemudahan dalam meng-akses karna berada di dalam negeri dan menggunkan koneksi lokal.

Mungkin sekian dari penulis tentang pembahasan mengapa indonesia harus fokus kembangkan produk dalam negeri, semoga menambah wawasan kita dan tetap semangat dalam berkarya serta cintai produk dalam negeri kita ini.

Tinggalkan Balasan